Pengembangan Bimbingan Kelompok Pelatihan Negosiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Konflik pada Siswa Kelas XI SMA Widya Darma Surabaya

  • Dwi Intan Septiani Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model Barg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyusun sebuah e-book panduan pelatihan negosiasi dalam menyelesaikan konflik yang digunakan  sebagai media elektronik yang memenuhi beberapa kriteria aspek akseptabilitas yaitu aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Hasil dari perhitungan data secara kuantitatif yang diperoleh dari penilaian ahli materi  mendapatkan skor sebesar 79,54 %, perolehan tersebut termasuk dalam kriteria baik, tidak perlu direvisi, sementara perolehan penliaian ahli media mendapatkan skor 96,15 %  yang memiliki kriteria sangat baik, tidak perlu direvisi, lalu untuk calon pengguna guru Bimbingan dan konseling memperoleh skor sebesar 75% dengan kriteria baik, tidak perlu direvisi, sedangkan untuk calon pengguna siswa memperoleh skor keseluruhan 87,29% yang memiliki kriteria sangat baik, tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasi penilaian secara kuantitatif, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-book panduan pelatihan ini telah memenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata kunci : Pengembangan, Pelatihan Negosiasi, E-book, Konflik, dan Siswa.

Published
2023-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 66