Pengembangan Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Sikap Positif Dalam Pengelolaan Konflik Siswa SMPN 9 Gresik

  • Fikril Hanim Ikhwaniah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Konflik dan permengenaian itu sungguh mengganggu kehidupan sosial maupun pribadi kita dan juga kita menjadi lebih emosional, takut, cemas, marah, curiga dan masih banyak lagi tekanan perasaan. Dan perasaan emosional tadi bisa menyebabkan pada percekcokan, perkelahian atau adu fisik, dan tindak kekerasan yang lain. Seringkali konflik contohnya ini terjadi pada remaja berupa tawuran yang mana penyebabnya ialah kenakalan remaja itu sendiri. Khususnya pada siswa, Problematika yang dialami siswa amat membawa bahaya karena ketika remaja emosi sering berubah-ubah serta psikisnya belum sempurna kemudian seringkali masih mencari identitas diri. Tujuan penelitian yakni melakukan pengembangan layanan bimbingan klasikal memanfaatkan media video guna menunjang peningkatan dalam memahami sikap positif ketika mengelola konflik, serta produk yang dikembangkan ini berupa perangkat layanan bimbingan klasikal  dan perangkat ini dapat dimanfaatkan guru BK sebagai acuan dalam pelaksanaan layanan bimbigan klasikal. Penelitian pengembangan layanan bimbingan klasikal berbasis media video ini memanfaatkan  metode Research & Development dari Borg & Gall melainkan tidak semua tahapan dilaksanakan dalam penelitian ini. Prosedur yang dilaksanakan peneliti yakni 1.) penelitian pendahuluan, 2). Perencanaan 3). Pengembangan produk awal, 4). Melakukan uji coba lapangan tahp awal, 5). Revisi produk awal. Hasil dari uji akseptabilitas untuk  uji calon pengguna  memperoleh rata-rata presentase 95,45%,  yang mana presentase rentang tersebut pendapat Suharsimi ialah kategori sangat baik dan tidak memerlukan revisi. Guna pengujian ahli materi memperoleh rata-rata presentase 97,72% , serta  uji ahli media memperoleh rata-rata presentase 88,54% , yang mana presentase rentang tersebut pendapat Suharsimi ialah kategori sangat baik serta tidak memerlukan revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat layanan bimbingan klasikal bearbasis media video guna menunjang siswa dalam memahami sikap positif ketika mengelola konflik di SMP NEGERI 9 GRESIK selaras kriteria akseptabilitas yakni mencangkup kegunaan, kelayakan, ketepatan serta kepatutan.

Kata Kunci: Bimbingan Klasikal, Media Video, Sikap Positif Mengelola Konflik

Published
2023-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 44