Pengembangan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Mengelola Konflik Siswa Kelas X di SMA Widya Darma

  • Cilin Widi Yatsin Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Maksud penelitian guna merancang perangkat layanan bimbingan kelompok sosiodrama tentang pemahaman konflik yang mencukupi parameter aspek akseptabilitas tersusun atas kegunaan, kelayakan, ketepatan, serta kepatutan. Dilaksanakan pengembangan bimbingan kelompok sosiodrama guna menunjang pemahaman serta sikap positif konflik siswa. Jenis penelitian memanfaatkan model Borg and Gall yang disederhanakan oleh tim pulitjaknov yang hanya sampai pada tahap kelima. Perolehan analisis data kuantitatif dari penilaian ahli materi yakni senilai 84,09% berkategori sangat baik, tidak memerlukan perbaikan, sementara itu perolehan analisis data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian ahli media yakni senilai 96,42% berkategori sangat baik, tidak memerlukan perbaikan, selanjutnya perolehan analisis data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian calon pemakai yakni senilai 75% berkategori baik, tidak memerlukan perbaikan. Berlandaskan kesimpulan penilaian dengann cara kuantitatif bahwa produk perangkat layanan bimbingan kelompok sosiodrama ini sudah mencukupi parameter akseptabilitas.

Kata kunci : Pengembangan, Sosiodrama, Perangkat, dan Konflik.

Published
2023-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 18