PENGEMBANGAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK STUDI KASUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP POSITIF MENGELOLA KONFLIK PADA PESERTA DIDIK UPT SMPN 8 GRESIK

  • Carolene Adinda Putri Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengelola konflik serta keterbatasan perangkat layanan bimbingan konseling di SMPN 8 Gresik. Hal tersebut membuat inti layanan tidak tersampaikan dengan baik pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat layanan yang memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan oleh Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Puslitjaknov. Penelitian ini menghasilkan sebuah perangkat layanan berupa RPL, materi layanan, media kartu kasus, situs blog, LKPD dan lembar evaluasi. Produk tersebut telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Hal tersebut sudah terbukti melalui uji validasi ahli materi, media dan praktisi serta uji keterbacaan media oleh peserta didik dengan hasil sangat baik. Penelitian ini hanya terbatas pada revisi produk tanpa dilanjutkan dengan uji efektivitas layanan. 

Published
2023-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 87