KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM PENYAMPAIAN PENDAPAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 42 SURABAYA

  • Ibrahim Muhammad Yusuf Zakaria Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Warsito Wiryosutomo Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perubahan pembelajaran disebabkan oleh pandemi yang dimana peserta didik baru masuk sekolah secara luring, mengakibatkan peserta didik tidak percaya diri. Hal tersebut disebabkan karena rasa nyaman saat belajar dirumah sehingga peserta didik terbawa saat pembelajaran dikelas,  ditandai ketika peserta didik malu untuk menjawab, tidak yakin dengan dirinya, lebih prioritas ke temannya, dan pesimis. Oleh karena itu perlunya diberikan layanan bimbingan kelompok agar peserta didik dapat belajar secara optimal dan lebih untuk percaya diri. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan rasa percaya diri untuk menyampaikan pendapat pada peserta didik SMP. Metode penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan rancangan pre-experimental one group pre-test post-test analisis uji wilcoxon signed ranks test. Berdasarkan hasil penelitian penghitungan rata-rata skor percaya diri sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok terkait percaya diri hasil pretest 76.8 setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan mengunakan teknik diskusi kelompok mengalami peningkatan menjadi 94.8. Dari hasil analisis uji wilcoxon signed ranks test diperoleh nilai asymp sign. (2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,05 (0,005 < 0,05) yang berarti bimbingan kelompok teknik diskusi efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik SMP.

Published
2023-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 25