KEEFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI TINDAKAN BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 58 SURABAYA

  • Bastanta Sefri Bangun Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Sirabaya..
  • Hadi Warsito Wiryosutomo Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tindakan Bullying yaitu satu diantara kekerasan yang diterapkan oleh individu ataupunpun bersekelompok yang lebih kuat, lebih beragam, lebih besar, bahkan lebih senior kepada sekelompok ataupunpun seseorang yang dilihat lebih lemah, lebih kecil, lebih sedikit, dan bahkan lebih junior dari mereka. Bullying
diterapkan terkadang guna memperoleh satu keuntungan ataupunpun rasa puas yang ditentukan. Maksud penelitian yaitu guna melihat keefektivitas layanan konseling sekelompok memanfaatkan teknik role playing guna menguranggi tingkah laku bullying pada siswa SMP Negeri 58 Surabaya Metode penilitian
yang akan dipakai ketika penelitan kali ini yaitu kuantitatif. Jenis penelitian preeksperimen berbentuk desain One-Group Pretest-Posttest dipakai pada penelitian ini, serta analisis informasi pada penelitian ini memanfaatkan statistic non parametric yakni uji Wilcoxon. Pengumpulan informasi yang dipakai ketika
penelitian ini memanfaatkan perriilan angket tingkah laku bullying guna mengukur tingkatan tingkah laku bullying siswa di SMP Negeri 58 Surabaya. Perolehan penelitian kepada tingkah laku bullying siswa didapati enam (6) siswa sebagai subjek penelitian yang yang mana mempunyaiperhitungan informasi sebagai berikut, sebelum melakukan pre-test dengan perolehan rata-rata 134 setelah itu dilanjutkan dengan pemberian treatment (treatmet) layanan konseling sekelompok memanfaatkan teknik role playing dan diperoleh perolehan post-test dengan rata-rata 93. Berikutnya dilanjut tahap pengujian memanfaatkan SPSS
versi 20 dengan hipotesis Uji wilcoxon. Berbasis informasi yang diperoleh dari tabel Test Statistics menunjukkan perolehan 0.026. karena perolehan bernilai 0.026 lebih rendah dari 0.05 (0,026≤0,05) sehingga ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti konseling
sekelompok dengan teknik role playing efektif guna meminimalisir tingkah laku bullying pada siswa kelas VIII SMP Negeri 58 Surabaya.
Kata Kunci: Tingkah laku Bullying, Konseling Sekelompok, Teknik Role playing

Published
2023-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 11