Pengembangan Media Permainan Papan Trivia Kebiasaan Menyontek Untuk Peserta Didik Kelas X-12 SMAN 1 Gedangan

  • Vania Amanda Putri Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Warsito Wiryosutomo Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

                   Perilaku menyontek merupakan perilaku yang tidak benar tidak dapat dipungkiri bahwa perilaku menyontek masih banyak dilakukan oleh peserta didik, jika terus dibiarkan hal ini akan membentuk kepribadian buruk bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa permainan yakni permainan papan trivia kebiasaan menyontek yang memenuhi kriteria aksepbilitas yakni terdiri atas kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

                   Berdasar pada hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba calon pengguna didapatkan hasil CVI aspek kegunaan sebesar 0,83 dengan kategori sangat sesuai, aspek kelayakan sebesar 0,83 dengan kategori sangat sesuai, aspek ketepatan sebesar 0,9 dengan kategori sangat sesuai, dan aspek kepatutan sebesar 1 dengan kategori sangat sesuai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan papan trivia kebiasan menyontek dapat disebut telah memenuhi kriteria aksepbilitas yang meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, kepatutan.

 

Kata kunci : Pengembangan, Permainan Papan, Trivia, Kebiasaan Menyontek       

Abstract

                   Cheating behavior is incorrect behavior, it is undeniable that cheating behavior is still widely carried out by students, if this continues to be allowed this will form a bad personality for students. This research is a type of R&D (Research and Development) development research that aims to produce a product in the form of a game, namely a cheating habit trivia board game that meets acceptance criteria, consisting of usefulness, feasibility, accuracy, and appropriateness.

                   Based on the results of validation and trials that have been carried out by material experts, media experts, and prospective user trials, CVI results of usability aspects of 0.83 with very appropriate categories, feasibility aspects of 0.83 with very appropriate categories, accuracy aspects of 0.9 with very appropriate categories, and appropriateness aspects of 1 with very appropriate categories. Thus, it can be concluded that the trivia board game cheating habit can be said to have met the criteria of acceptability which include aspects of usefulness, feasibility, accuracy, appropriateness.

 

Keywords : Development, Board Games, Trivia, Cheating Habits

 

Published
2023-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 19