PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK STRATEGI ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA KELAS X DI SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

  • Zahra Dafa Annisa Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Indah Pratiwi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perilaku bullying yaitu perilaku agresif yang diterapkan oleh individu kelompok terhadap orang yang dipandang rendah. Jenis-jenis perilaku bullying mencangkup bullying fisik, verbal bullying, cyber bullying, bullying relasional. Perilaku bullying mempunyai efek yang tidak baik bagi siswa di sekolah baik fisiknya maupun psikisnya. Maksud dari penelitian ini ialah guna mengurangi perilaku bullying dengan layanan bimbingan kelompok strategi role playing pada kelas X di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Jenis penelitian ini ialah penelitian Pre-eksperimental Design. Berdesain Pre-eksperimental design yaitu One Group Pretest-Posttest Design, yang menjadi subjek yakni delapan orang siswa yang diperoleh dari populasi dengan memanfaatkan teknik purposive sampling. Layanan bimbingan kelompok strategi role playing diterapkan sedominan tiga pertemuan. Teknik analisis data yang diterapkan ialah Uji Wilcoxon dengan memanfaatkan aplikasi SPSS 20. Perolehan setelah uji menampilkan bahwasanya Asymp.Sig. (2-tailed) mempunyai skor 0,011. Skor 0,011 lebih kecil dari 0,05 atau 0,011 < 0,05. Dasar dalam diambilnya putusan dari perolehan Uji Wilcoxon ialah bila skor Asymp.Sig. < 0,05 maknanya Ha diterima, bila skor Asymp.Sig. > 0,05 maknanya Ha ditolak. Diambil simpulan bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima yang maknanya didapati pengurangan perilaku bulying setelah dibagikan layanan bimbingan kelompok strategi role playing. Penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya yang diterapkan oleh Dian Toberi S. (Sugiartha, 2019). Dalam penelitiannya disebutkan bahwasanya teknik role playing bisa diterapkan guna mengurangi perilaku bullying. Dibuktikan oleh perolehan pre-test dan post-test yang menghadapi pengurangan perilaku bullying setelah dibagikan perlakuan (treatment) dengan role playing. Saran guna peneliti berikutnya yakni harapannya bisa menerapkan layanan bimbingan dan konseling guna mengurangi perilaku bullying strategi role playing dengan lebih optimal atau dengan teknik yang lebih bervariatif.

Kata Kunci: perilaku bullying, strategi role playing, bimbingan kelompok.

Published
2023-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 32