PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENCEGAH PROKRASTINASI AKADEMIK DI SMP NEGERI 1 GRESIK

  • Riyandi Ananda Putra Pratama Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Warsito Wiryosutomo Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Prokrastinasi Akademik adalah suatu kebiasaan menunda-nunda pekerjaan terhadap kegiatan penting yang akan dikerjakan pada saat itu atau pada waktu lainnya. Pada kondisi manusia umum dalam melakukan suatu kegiatan melibatkan suatu persepsi negatif atas aktivitas yang akan diantisipasi. Penelitian ini memiliki maksud untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok teknik Role Playing dapat mencegah perilaku prokrastinasi akademik pada siswa UPT SMP Negeri 1 Gresik. Teknik yang digunakan adalah kuantitatif yaitu pre-experimen satu kelompok dengan pemberian pre-test dan post-test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic non parametric yaitu uji Wilcoxon. Pengumpulan data menggunakan angket prokrastinasi akademik guna mengukur prokrastinasi akademik pada siswa di UPT SMP Negeri 1 Gresik. Subjek dalam penelitian ini berjumlah delapan (8) siswa kelas VIII yang memiliki tangkat prokrastinasi akademik sedang ke tinggi. Bersumber pada hasil penghitungan rata-rata skor prokrastinasi akademik sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik Role Playing, hasil pre-test 79 setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan mengunakan teknik Role Playing  mengalami penurunan menjadi 63. Dari hasil uji statistik non parametrik mengunakan SPSS versi 20 dengan uji wilcoxon diperoleh nilai Asymp.sign (2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,012 (0,012 ≤ 0,05) maka dengan demikian siswa terdapat perubahan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Role Playing. Jadi ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing dapat mencegah prokrastinasi akdemik pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Gresik

Published
2023-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 16