PENGEMBANGAN PANDUAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Antonia Zukhruf Kama Duta Aprilia Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Motivasi belajar rendah yang dialami oleh peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar dari peserta didik tersebut. Berdasarkan dari hasil observasi di SMP Negeri 42 Surabaya dan juga hasil dari awancara guru BK di sekolah tersebut didapatkan permasalahan terkait motivasi belajar rendah. Berdasarkan pernyataan guru BK sudah terdapat penanganan mengenai motivasi belajar rendah, namun penanganan yang dilakukan oleh guru BK selama ini kurang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Melihat permasalahan yang terjadi, maka produk yang dirasa sesuai dengan permasalahan tersebut dan dapat membantu guru BK menangani hal tersebut yaitu buku panduan. Buku panduan yang dipaparkan mengenai materi serta tahapan- tahapan Motivational Interviewing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik sekolah menengah pertama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan buku panduan Motivational Interviewing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik sekolah menengah pertama. Metode menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdapat sepuluh tahapan penelitian, penelitian ini hanya mencapai pada tahap ke lima ialah revisi produk. Berdasarkan hasil validasi uji ahli media diperoleh hasil sebesar 95% dan hasil validasi uji ahli materi diperoleh 96,25%. Maka pengembangan panduan Motivational Interviewing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik sekolah menengah pertama bagi guru BK memenuhi kriteria akseptabilitas.
Kata Kunci: panduan, motivational interviewing, motivasi belajar

Published
2023-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 49