PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN SOLUTION-FOCUSED BRIEF COUSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK KORBAN BULLYING

  • Aulia Ramadhani Putri Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Maraknya fenomena bullying menjadi momok masalah hamper di tiap sekolah, dan banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi korban bullying. Intimidasi yang terjadi memberikan dampak negatif bagi mereka, salah satunya adalah menurunnya prestasi akademik karena kurangnya motivasi. Motivasi berprestasi merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik, khususnya korban bullying yang memiliki motivasi berprestasi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pedoman pelaksanaan Solution-Focused Brief Counseling untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik korban bullying di SMP Negeri 35 Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) yang dilaksanakan sampai pada tahap kelima, yakni: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, dan 5) Revisi desain. Mengacu dari hasil validasi uji ahli produk ditemukan presentase penilaian ahli materi 95%, penilaian ahli media 93,75%, dan hasil penilaian calon pengguna 97,5%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa perangkat konseling individu dengan pendekatan Solution-Focused Brief Counseling untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik korban bullying dinyatakan memenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata kunci: buku pedoman, motivasi berprestasi korban bullying, Solution-Focused Brief Counseling.

Published
2023-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 46