HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 MADIUN

  • Nadhifah Retsi Ananda Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Hadi Warsito Wiryosutomo Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Maksud daripada penelitian guna mengkaji kaitan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa di SMAN 2 Madiun. Pendekatan yang dipilih yaitu kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Pengembangan alat ukur angket dipilih sebagai teknik pengumpulan data yang berupa jawaban berskala (Rating Scale) yakni skala likert dengan variabel terikat yakni kemampuan disiplin belajar (Y), variabel bebas yakni pola asuh orang tua (X). Populasi yang dimanfaatkan berjumlah 341 dengan teknik random sampling rumus Slovin taraf signifikasi 5% yang mendapati sampel berjumlah 184. Pengujian normalitas dan pengujian linearitas merupakan teknik analisis data yang diaplikasikan. Sementara pengpengujianan korelasi memanfaatkan metode korelasi berganda. Perolehan penelitian pengujian hipotesis antara pola asuh orang tua otoriter dengan disiplin belajar perolehan skor signifikansi 0,59>0,05 dapat dinyatakan terdapat korelasi, kemudian pengujian hipotesis antara pola asuh permisif dengan disiplin belajar perolehan skor signifikansi 0,95>0,05 yang dapat dinyatakan berkorelasi, dan pengujian hipotesis antara pola asuh demokratis dengan disiplin belajar yang mendapati perolehan skor signifikansi 0,97 > 0,05 serta dinyatakan didapati korelasi. Pengujian hipotesis keempat yakni pengujian hipotesis secara simultan memanfaatkan regresi berganda antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar yang mendapati perolehan signifikansi > 0,05 yakni 0,216 > 0,05 bisa dinyatakan ada korelasi.

Kata Kunci: pola asuh orang tua, disiplin belajar.

Published
2023-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 34