PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN DI SEKOLAH

  • Feny Rachmayanti Anggraeni Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan karakter pada era sekarang dibutuhkan dalam pendidikan di Indonesia. Disebabkan sekarang ini terjadinya era modernisasi, masyarakat sering membagikan ataupun memperlihatkan perilaku yang jauh dari karakter skor bangsa. Dengan demikian perlunya tindakan yang bisa membagikan efek positif dari interaksi sosial. Perilaku sopan santun yang dimaksud yakni cara peserta didik berinteraksi di sekolah yang diindikasikan dengan cara berbahasa dan bertindakan, meliputi dengan pendidik serta teman di sekolahnya. Maksud penelitian yaitu guna mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling bisa menaikkan perilaku sopan santun di sekolah. Penelitian ini memanfaatkan metode kuantitatif berjenis pre eksperimental serta berdesain one group pre-test and post-test design. Diterapkan di sekolah UPT SMP Negeri 9 Gresik dengan batasan subjek penelitian. Sementara itu guna keperluan analisis data memanfaatkan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for windows versi 23 dengan pengujian Wilcoxon. Perolehan penelitian diketahui Asymp.Sig (2-tailed) mempunyai skor 0,012, maka dari itu bisa dijelaskan jika skor 0,012 lebih kecil (<) dari 0,05 (skor ketetapan 0,05/5%) yang mempunyai makna bahwasanya didapati perbedaan diantara perilaku sopan santun peserta didik sebelum serta setelah diterapkan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Berbasis perolehan analisis data, bisa diambil simpulan bahwasanya penelitian penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling bisa meningkatkan perilaku sopan santun di sekolah.
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Perilaku Sopan Santun, Modelling.

Published
2023-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 57