PENGARUH BULLYING TERHADAP PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI UPT SMP NEGERI 14 GRESIK

  • Muhyidatul Hasanah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Nursalim Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Bullying adalah perilaku di mana terjadinya ketidak seimbangan kekuatan diantara pelaku perundungan dengan korban perundungan. Secara sederhana, pelaku perundungan lebih kuat daripada korbannya. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying seperti tidak percaya diri, motivasi belajar rendah yang mengakibatkan turunnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh perilaku bullying terhadap percaya diri dan mengetahui pengaruh bullying terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 7 di UPT SMP Negeri 14 Gresik. Populasi dari penellitian ini adalah peserta kelas 7. Pada proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik propotion stratified random sampling untuk memperoleh populasi siswa kelas VII dari masing-masing kelas yang diambil wakilnya melalui angket yang dibagikan menggunakan google form kemudian dikerjakan secara daring. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berjenis penelitian penjelasan (explanotory research). Pada penelitian ini menggunakan  metode analisis data berupa deskriptif dan regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Setelah data diperoleh selanjutnya dilakukan uji normalitas dan linearitas. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan uji hipotesis dengan menerapkan regresi sederhana. Analisis tersebut menghasilkan data bahwa bahwa variabel X (bullying) memengaruhi kepercayaan diri siswa (Y1) secara signifikan yang dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0,000 dan nilai koefesien sebesar 0,411. Bullying (X) terhadap motivasi belajar (Y2) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefesien sebesar 0,464.

Kata Kunci: Dampak Bullying, Percaya Diri dan Motivasi belajar

Published
2023-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 196
PDF Downloads: 388