PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PESERTA DIDIK SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • Aditya Prameswari Nugroho Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Self-esteem merupakan sebuah bentuk penerimaan diri oleh individu itu sendiri. Tinggi-rendahnya self-esteem tidak hanya dipengaruhi oleh diri sendiri melainkan juga dari pandangan orang lain. Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Negeri 4 Surabaya berupa observasi didapatkan masalah mengenai rendahnya self-esteem peserta didik tetapi penangangan yang telah dilakukan masih kurang efektif. Dengan adanya fenomena yang terjadi, produk yang dirasa dapat membantu guru BK dalam menangani permasalahan ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan panduan konseling individu motivational interviewing untuk meningkatkan self-esteem peserta didik yang memenuhi kriteria sehingga dapat membantu guru BK dalam menangani permasalahan tersebut. Research & Development (R&D) merupakan desain penelitian yang digunakan yang dilakukan sampai tahap kelima saja, yaitu: 1) Pengumpulan Informasi, 2) Perencanaan, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, dan 5) Revisi Desain. Merujuk pada hasil uji validasi, didapatkan persentase sebesar nilai 96,25% pada uji ahli materi, sebesar 93,75% pada uji ahli media, serta sebesar 96,25% pada uji calon pengguna. Maka pengembangan panduan konseling individu motivational interviewing untuk meningkatkan self-esteem peserta didik SMK memenuhi kriteria akseptabilitas untuk digunakan oleh guru BK.

Kata Kunci: panduan, konseling individu, motivational interviewing, self-esteem

 

Abstract

Self-esteem is a form of self-acceptance by the individual. The level of self-esteem is not only influenced by oneself but also by the views of others. Based on a preliminary study at SMK Negeri 4 Surabaya in the form of a reservation found that there were problems regarding the low self-esteem of students. However, the handling carried out still needed to be more effective. With the phenomenon, the product feels to help the counseling teacher deal with this problem. This research aims to produce motivational interviewing individual counseling guides to increase the self-esteem of students who meet the criteria so that they can help to counsel teachers in dealing with these problems. Research & Development (R&D) is a research design that is used up to the fifth stage only, namely: 1) Information Gathering, 2) Planning, 3) Product Design, 4) Design Validation, and 5) Design Revision. Referring to the validation test results obtained a percentage of 96.25% in the material expert test, 93.75% in the media expert test, and 96.25% in the prospective user test. Thus, the development of motivational interviewing individual counseling guidelines to increase the self-esteem of SMK students fulfills acceptability criteria for use by counsel teachers.

Keywords: guide, individual counseling, motivational interviewing, self-esteem

Published
2023-07-28
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 33