PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PESERTA DIDIK

  • Dyah Indah Fatikasari Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan buku panduan konseling motivational interviewing yang digunakan untuk membantu guru BK mengembangkan kopetensi yang dimiliki dalan menangani rendahnya efikasi diri akademik peserta didik. Penelitian ini menrupakan penelitian pegembangan yang sesuai dengan Research and Development (R&D). Terdapat sepuluh tahapan dalam penelitian Research and Development (R&D) yang telah disapaikan oleh Brog & Gall namun dalam penelitian ini sepuluh tahap penelitian yang digunakan hanya sampai tahap lima dikarenakan adanya kebatasan waktu dan biaya. lima tahapan diantaranya : 1. Pengumpulan informasi berupa kajian kepustakaan dan survei lapangan; 2. Melakukan perencanaan; 3. Mengembangkan bentuk awal produk; 4. Uji coba awal; 5. Revisi produk. Berdasarkan hasil validasi ahli yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa buku panduan motivational interviewing untuk meningkatkan efikasi diri akademik peserta didik memenuhi kriteria sangat baik dan memperoleh alternatif keputusan dipakai.

Kata Kunci: panduan, motivational interviewing, efikasi diri akademik

Published
2023-07-28
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 70