PENGEMBANGAN MEDIA PERENCANAAN KARIER BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 GEDANGAN

  • Rachma Dwi Yanuarti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian dilakukan guna memenuhi kriteria akseptabilitas pengembangan (produk) yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Media yang dikembangkan yakni aplikasi perencanaan karier berbasis augmented reality untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Jenis model penelitian yaitu Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Berbasis hasil penilaian (evaluasi) dari ahli materi dengan ahli media, didapatkan rata-rata CVI pada aspek kegunaan senilai 0,75 berkategori sangat sesuai, lalu aspek kelayakan senilai 0,75 berkategori sangat sesuai, dan aspek ketepatan senilai 0,7 berkategori sesuai, serta aspek kepatutan senilai 0,55 berkategori sesuai. Sedangkan menurut penilaian oleh calon pengguna mendapatkan skor CVI pada aspek kegunaan senilai 0,77 berkategori sangat sesuai, aspek kelayakan senilai 0,84 berkategori sangat sesuai, aspek ketepatan senilai 0,96 berkategori sangat sesuai, dan aspek kepatutan senilai 0,73 berkategori sangat sesuai. Maka media perencanaan karier berbasis augmented reality supaya siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedangan sudah terpenuhi dari segi karakteristik akspetabilitas yang terdiri atas aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Kata Kunci: pengembangan, pesencanaan karier, augmented reality

Published
2023-07-28
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 68