Pengembangan Panduan Solution-Focused Brief Counseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK

  • Alisia Nurul Aini Wijanarko Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Setiap siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda, dengan adanya motivasi dapat mendorong siswa agar semangat melakukan kegiatan belajar. Berdasarkan hasil observasi pada SMK Negeri 4 Surabaya terdapat siswa yang terindikasi mempunyai motivasi belajar rendah, namun dari pihak BK belum efektif dalam menangani hal ini. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk panduan solution-focused brief counseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK berdasarkan pada kriteria akseptabilitas produk yang mencakup kegunaan, kelayakan, ketepatan, serta kepatutan. Terdapat 10 tahapan dalam penelitian Sugiyono (2019), namun pada penelitian ini hanya menerapkan 5 tahap dikarenakan adanya keterbatasan waktu dan biaya. Tahapan yang dimanfaatkan yakni 1. Potensi serta problematika, 2. Menghimpun informasi, 3. Desain produk, 4. Validasi desain, serta 5. Revisi desain. Pengumpulan data pada penelitian ini memanfaatkan angket yang akan diujikan kepada para ahli. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli mendapat rata-rata senilai 92% yang termasuk dalam kriteria sangat baik tidak perlu direvisi. Maka media panduan solution-focused brief counseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK mencukupi kriteria akseptabilitas produk.

Kata Kunci: Pengembangan, Solution-focused Brief Counseling, Motivasi Belajar Siswa

Published
2023-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 19