PENERAPAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE SINEMA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA NARKOBA PADA SISWA SMAN 1 GEDEG

  • Sherina Indarwati Syafaah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas bimbingan klasikal metode sinematic edukasi dalam meningkatkan pemahaman siswa SMAN 1 Gedeg akan bahaya narkoba. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Penelitian ini diterapkan di SMAN 1 Gedeg. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa/siswi di SMAN 1 Gedeg. Adapun sampel yang dipilih ialah seluruh siswa/siswi kelas XI IPS SMAN 1 Gedeg yang sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan teknik analisis data yang dipakai ialah uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel t test, dan uji hipotesis. Berlandaskan hasil penelitian terkait dengan penerapan bimbingan klasikal metode sinematic edukasi untuk meningkatkan pemahaman bahaya narkoba pada Siswa SMAN 1 Gedeg. Setelah diujikan bimbingan klasikal menggunakan metode sinema edukasi terbukti efektif dalam memberi wawasan kepada siswa tentang bahaya narkoba. Adanya peningkatan dari hasil pres test dan post test menjadi bukti bahwa penelitian ini berhasil. Adanya peningkatan tersebut membuktikan bahwa bimbingan klasikal menggunakan metode sinema edukasi efektif. Kemudian hasil uji hipotesis juga mengatakan bahwa ada pengaruh yang diberikan oleh bimbingan klasikal mengggunakan metode sinema edukasi terhadap wawasan siswa terkait bahaya narkoba.

Kata Kunci: bimbingan klasikal, sinema edukasi, bahaya markoba, SMAN 1 Gedeg.

Published
2023-08-04
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 77