Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Optimisme Dalam Pemilihan Karir Pada Siswa Kelas IX E UPT SMP Negeri 9 Gresik

  • Dhiyannisa Rahma Hanifika Hidayat Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik jigsaw untuk meningkatkan optimisme siswa dalam pemilihan karier. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX E UPT SMP Negeri 9 Gresik berjumlah 10 orang yang memiliki tingkat optimisme rendah. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan one group design pre test post test. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisisnya berupa uji Wilcoxon melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis pada taraf 5% dengan hasil 0,005 < 0,05 sehingga kesimpulannya yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil rata-rata peningkatan sebesar 5,50 dan jumlah sum ranks sebesar 55,00. Didapatkan kesimpulan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik jigsaw mampu meningkatkan optimisme dalam pemilihan karier siswa kelas IX E UPT SMP Negeri 9 Gresik.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Jigsaw, Optimisme, Pemilihan Karier

Published
2023-08-07
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 65