Dampak Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kondisi Psikologis dan Fisik Siswa

  • Fernanda Choirun Nisa’ Sudarman Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Darminto Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Adanya virus Covid-19 berdampak pada kegiatan belajar mengajar siswa. Berbagai sektor kegiatan
di Indonesia diberhentikan semesnara terutama sektor Pendidikan. Selama pandemi, kegiatan belajar
mengajar dilakukan dengan daring atau bisa disebut istilah pembelajaran jarak jauh. Keadaan ini membawa
perbedaan tatanan pendidikan dan berpengaruh terhadap Kesehatan psikologis maupun fisik siswa. Tak kala
lain yaitu siswa merasa cepat bosan, cemas, khawatir dengan adanya pembelajaran ini. Selain itu, perubahan
fisik yang dialami juga ada seperti mereka terlalu sering menatap layer monitor sehingga merasa kelelahan
pada mata dan juga tidak adanya aktivitas yang membuat mereka harus berdiam diri di rumah dan tidak
terkontrol pola hidup sehatnya. Oleh sebab itu, penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendapatkan
informasi terkait berbagai permasalahan dan dampak terhadap pembelajaran jarak jauh selama masa
pandemic. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengn kajian studi literatur. Data
pengambilan dilakukan dengan wawancara yang menggunakan link google form dengan responden 37 siswa
yang berada di SMA AL ISLAM Krian.
Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah banyaknya permasalahan selama adanya
pembelajaran jarak jauh seperti siswa merasa cepat bosan, khawatir, jenuh dan cemas sehingga juga
berdampak buruk pada kesehatan mental anak jika dibiarkan. Selain itu mereka juga mengalami perubahan
fisik seperti banyaknya siswa yang mengeluh karena kelelahan pada mata dan juga pola hidup yang tidak
teratur akibat waspada akan bahaya virus sehingga mengharuskan mereka dirumah saja selama masa
pandemic.
Kata Kunci : pembelajaran jarak jauh, covid-19, psikologis dan fisik siswa.

Published
2023-11-06
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 140