LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REBT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 PONOROGO

  • Nafisah Aulia Hasanah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Indah Pratiwi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Prokrastinasi akademik yaitu fenomena umum di kalangan siswa sekolah menengah keatas. Hal ini mengacu pada kecenderungan siswa untuk menunda-menunda tugas dan kegiatan akademik, meskipun mengetahui bahwa hal itu dapat berdampak negatif pada kinerja akademik mereka. Sehingga, tujuan yang dimiliki penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui tingkatan efektivitas atas konseling dengan berkelompok melalui metode REBT agar bisa meminimalisir sikap prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ponorogo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November dengan pertemuan selama 3 (tiga) kali. Metode yang dipakai dalam menjalankan penelitian ini yaitu berupa pendekatan  dengan wujuddeskriptif kuantitatif melalui sebuah desain “pre-experiment one-group pre-post test” menggunakan 5 (lima) siswa sebagai subjek penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan data bahwa terdapat penurunan dalam perilaku prokrastinasi akademik setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik REBT berdasarkan rata-rata hasil dari pemberian perlakuan pada nilai pre-test 122,4 > post-test 100,2 yang memiliki rata-rata penurunan sebesar 22%. Agar perilaku prokrastinasi akademik dapat direduksi lebih maksimal, diharapkan di penelitian selanjutnya perlakuan diberikan lebih dari 1 (satu) siklus dan terus adanya monitoring pada perilaku tersebut.

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Prokrastinasi Akademik, REBT.

Published
2024-02-20
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 17