PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEORI JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DIRI SISWA SMP
Abstract
Penulisan ini bermaksud meningkatkan pemahaman konsep diri siswa SMP. Subjek penelitiannya yakni siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Surabaya sebanyak 28 siswa. Prosedur perlakuannya diterapkan sebanyak 6 kali pertemuan. Penulisan ini mempergunakan pre eksperimen dengan rancangan one group pre tes post test design. Penulisan ini sudah diterapkan uji validitas yang diperolehankan 37 item pernyataan yang valid dan 3 item gugur dari total keseluruhan angket pernyataan 40 item. Pengujian reliabilitas dengan skor cronbach alpha 0, 895. Perolehan penelitian menampilkan bahwasanya adanya perbedaan hasil antara sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Dari analisis data uji normalitas dari perolehan pre test mempunyai skor signifikansi 0.000 dan post test 0.010 yang mana bisa dikatakan bahwasanya skor residual tidak berdistribusi normal. Dan diterapkan uji wilcoxon guna melihat perbedaan data diperoleh asymp sig (2-tailed) sebesar 0.000. Perolehan analisis tersebut menyatakan bahwasanya hipotesis alternatif yakni penerapan layanan bimbingan klasikal dengan teori Johari Window bisa meningkatkan pemahaman konsep diri siswa SMP. Implikasi dari penulisan ini agar konselor bisa memberikan program BK layanan klasikal dengan inovatif yang mendukung peningkatan pemahaman konsep diri positif bagi siswa SMP. Harapannya penulisan ini bisa menjadi referensi guna dikembangkan penelitian berikutnya.
Kata kunci: Pemahaman Konsep diri, Bimbingan Klasikal, Teori Johari Window
PDF Downloads: 48