PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS WEBSITE "LEMON" UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PGRI 8 SURABAYA

  • Maryana Kamilah Octarine Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena motivasi peserta didik yang rendah dalam aktivitas belajar yang disebabkan oleh kurangnya ketersediaan media bimbingan klasikal yang menarik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk dihasilkannya sebuah media bimbingan klasikal berbasis website “Lemon” yang memenuhi kriteria akseptabilitas meliputi aspek kegunaan, aspek kelayakan, aspek ketepatan, dan aspek kepatutan. Model Research and Development (R & D) oleh Borg & Gall (1983) digunakan dalam penelitian ini. Tahapannya meliputi dikumpulkannya data, perencanaan, pengembangan produk, validasi produk, hingga revisi produk. Analisis hasil AKPD, wawancara pada guru BK SMP PGRI 8 Surabaya, dan studi kepustakaan dilakukan sebagai metode pengumpulan data. Analisis data kuantitatif diperoleh dari skor kriteria akseptabilitas dan analisis data kualitatif diperoleh dari saran tiga subjek ahli validasi yaitu ahli materi, ahli media, dan calon pengguna. Berdasarkan uji akseptabilitas yang telah dilakukan, hasil kriteria akseptabilitas pada aspek kegunaan termasuk dalam kategori sangat sesuai, tidak perlu direvisi, pada aspek kelayakan termasuk kategori sangat sesuai, tidak perlu direvisi, pada aspek ketepatan termasuk kategori sangat sesuai, tidak perlu direvisi, dan pada aspek kepatutan termasuk kategori sangat sesuai, tidak perlu direvisi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media bimbingan klasikal berbasis website “Lemon” untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP PGRI 8 Surabaya telah memenuhi kriteria akseptabilitas (meliputi aspek kegunaan, aspek kelayakan, aspek ketepatan, dan aspek kepatutan).

Kata Kunci: Pengembangan, Bimbingan Klasikal, Website, Motivasi Belajar.

Published
2024-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 3