Array
Abstract
Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo menunjukkan bahwa peserta didik masih belum memahami studi lanjut dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media bimbingan klasikal berupa website KASTIL untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut peserta didik fase F-XII yang memenuhi kriteria akseptabilitas dari para ahli yang terdiri dari kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Developement) oleh Borg and Gall (1983). Berdasarkan uji validasi oleh ahli materi, didapatkan hasil bahwa produk yang dikembangkan berada pada kategori berguna, sangat layak, tepat, dan sangat patut. Hasil uji validasi oleh ahli media didapatkan hasil bahwa produk berada pada kategori sangat berguna, layak, sangat tepat, dan sangat patut. Hasil uji validasi oleh dua calon pengguna menyatakan bahwa produk berada pada kategori sangat berguna, sangat layak, tepat, dan sangat patut. Berdasarkan keseluruhan uji validasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa produk media bimbingan klasikal KASTIL yang dikembangkan dapat dikatakan telah memenuhi kriteria akseptabilitas.
Kata Kunci: pengembangan, website, pemahaman, studi lanjut
Downloads
Abstract views: 55
,
PDF Downloads: 70