PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 MENGANTI
Abstract
Abstrak
Setiap proses belajar selalu berorientasi pada hasil yang memuaskan. Akan tetapi dalam prosesnya banyak peserta didik yang tidak yakin dengan kemampuan dirinya. Kemampuan ini sangat penting karena membantu peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademiknya, sehingga perlu dilakukan perlakuan setelah mengetahui tingkat academic self efficacy yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok terhadap strategi self instruction untuk meningkatkan academic self efficacy pada siswa kelas X SMAN 1 Menganti. Keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap kemampuannya sendiri dalam merencanakan dan menyelesaikan kegiatan akademik dengan sukses dikenal dengan istilah academic self efficacy. Desain satu kelompok sebelum dan sesudah tes digunakan dalam penelitian ini. Siswa yang memiliki academic self efficacy rendah diidentifikasi melalui penggunaan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Ada total 52 siswa dan 8 subjek yang diikutsertakan dalam penelitian ini. Perlakuan terdiri dari lima sesi terpisah. Kajian Uji Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp. Ha diterima dan menolak H0 karena tingkat signifikansi < 0,05 (0,012). Berdasarkan hipotesis yang diajukan, siswa kelas X SMAN 1 Menganti mempunyai tingkat academic self efficacy yang lebih tinggi sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan self instruction konseling kelompok. Perkembangan yang menjanjikan ini menjadi pertanda baik bagi kemungkinan bahwa para profesional bimbingan dan konseling dapat menerapkan strategi pengajaran mandiri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan mereka sendiri agar berhasil di sekolah.
Kata kunci : Konseling Kelompok, Self Instruction, Academic Self Efficacy
Abstract
Every learning process is always oriented towards satisfactory results. However, in the process, many students are not confident in their abilities. This ability is very important because it helps students improve their academic achievement, so treatment needs to be carried out after knowing the level of academic self-efficacy they have. This research aims to examine the effect of group counseling on self-instruction strategies to increase academic self-efficacy in class X students at SMAN 1 Menganti. The confidence a person has in their own ability to plan and complete academic activities successfully is known as academic self-efficacy. A one-group pre- and post-test design was used in this study. Students who have low academic self-efficacy are identified through the use of questionnaires as a data collection tool. There were a total of 52 students and 8 subjects included in this research. Treatment consists of five separate sessions. The Wilcoxon Test study produces an Asymp value. Ha is accepted and H0 is rejected because the significance level is <0.05 (0.012). Based on the proposed hypothesis, class These promising developments bode well for the possibility that guidance and counseling professionals can implement self-directed teaching strategies to increase students' confidence in their own abilities to succeed in school.
Keywords: Group Counseling, Self Instruction, Academic Self Efficacy
Downloads
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 50