PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK SMAN 1 MENGANTI
Abstract
Self efficacy adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk menanggapi situasi tertentu. Upaya guru BK meningkatkan self efficacy adalah dengan bimbingan kelompok teknik Experiential Learning (EL). Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan metode bimbingan kelompok dengan teknik Experiential Learning (EL) dalam meningkatkan self efficacy peserta didik kelas X di SMAN 1 Menganti. Pendekatan yang digunakan adalah Pre-eksperimental design (nondesign), dengan The One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian sebanyak 9 orang dengan self efficacy rendah, sedang, dan tinggi. Treatment dilakukan sebanyak 7 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang self efficacy. Analisis hipotesis menggunakan uji T dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian dapat meningkatkan self efficacy mereka dengan menggunakan metode bimbingan kelompok teknik Experiential Learning (EL). Hal ini terlihat dari taraf signifikansi 5% dan koefisien signifikansi = 0,012 (<0,05). Hal ini juga diperkuat dari peningkatan rata-rata yang diperoleh subjek sebesar 8,477. Bagi penelitian selanjutnya, desain penelitian lain yang dapat digunakan adalah Perbandingan Kelompok Statis.
Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Bimbingan Kelompok, Experiential Learning (EL), Self Efficacy.
Downloads
Abstract views: 145
,
PDF Downloads: 244