PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ASERTIF SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Kartika Widya Hastuti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengahasilkan sebuah produk berupa modul pelatihan asertif sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan NAPZA yang memenuhi kriteria akseptabilitas para ahli yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Peneliti menggunakan model pengembangan reaserch and development  (R&D) model ADDIE. Penelitian dan pengembangan ini hanya dilakukan hingga tahap ketiga yaitu tahap development  atau pengembangan. Berdasarkan uji validasi oleh dua ahli materi diperoleh presentase sebesar 77,68% termasuk dalam kategori baik dan tidak perlu direvisi, uji validasi oleh ahli media diperoleh presentase sebesar 78,41 % termasuk dalam kategori baik dan tidak perlu direvisi, uji validasi ahli praktisi diperoleh presentase sebesar 95,14 % termasuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu revisi dan uji keterbacaan modul oleh siswa mendapat presentase sebesar 88,33% termasuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu revisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pelatihan asertif sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan NAPZA  pada sekolah menengah pertama dapat memenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata Kunci: pengembangan, modul, asertif, pencegahan NAPZA, sekolah menengah pertama

                                                                                                                                 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 62