EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 LAMONGAN

Authors

  • Nanda Mujiati Choirun Nadhifah Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Fenomena banyaknya remaja bermaslaah disebabkan beberapa faktor diantaranya rendahnya regulasi emosi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan regulasi emosi peserta didik SMAN 2 Lamongan dengan teknik psikodrama. Dari kegiatan psikodrama, peserta didik dapat memperoleh pengertian yang baik tentang dirinya. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental one-group pretest-posttest. Metode pengumpulan data penelitian adalah angket regulasi emosi yang digunakan untuk mengetahui sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Sampel penelitian ini sebanyak 8 peserta didik yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Layanan dilaksankaan sebanyak 8 kali dengan pertemuan akhir akan diberikan angket post-test. Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,01 yang berarti kurang dari 0,05. Berlandaskan kriteria pengambilan keputusan dalam uji Wilcoxon, dapat dinyatakan bahwasanya "Ha diterima". Ini berarti ada perbedaan antara skor regulasi emosi pre-test serta post-test, yang menunjukkan bahwasanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dapat meningkatkan regulasi emosi peserta didik SMAN 2 Lamongan.

Kata Kunci: Regulasi Emosi, Bimbingan Kelompok, Psikodrama

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 170 , PDF Downloads: 147