EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 LAMONGAN
Abstract
Fenomena banyaknya remaja bermaslaah disebabkan beberapa faktor diantaranya rendahnya regulasi emosi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan regulasi emosi peserta didik SMAN 2 Lamongan dengan teknik psikodrama. Dari kegiatan psikodrama, peserta didik dapat memperoleh pengertian yang baik tentang dirinya. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental one-group pretest-posttest. Metode pengumpulan data penelitian adalah angket regulasi emosi yang digunakan untuk mengetahui sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Sampel penelitian ini sebanyak 8 peserta didik yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Layanan dilaksankaan sebanyak 8 kali dengan pertemuan akhir akan diberikan angket post-test. Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,01 yang berarti kurang dari 0,05. Berlandaskan kriteria pengambilan keputusan dalam uji Wilcoxon, dapat dinyatakan bahwasanya "Ha diterima". Ini berarti ada perbedaan antara skor regulasi emosi pre-test serta post-test, yang menunjukkan bahwasanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dapat meningkatkan regulasi emosi peserta didik SMAN 2 Lamongan.
Kata Kunci: Regulasi Emosi, Bimbingan Kelompok, Psikodrama
Downloads
Abstract views: 170
,
PDF Downloads: 147