PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DALAM PERGAULAN TEMAN SEBAYA DI SMP NEGERI 43 SURABAYA

Authors

  • Nesya Rachma Zulfiantina Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sebuah kepercayaan diri atau efikasi diri dalam pergaulan teman sebaya pada siswa itu sangat penting. Bagi siswa ketidakpercayaan diri atau efikasi diri yang rendah akan menghambat tugas perkembangannya terutama dalam menjalani hubungan antar teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji skor beda siswa dalam efikasi diri pergaulan teman sebaya antara sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif. Penelitian menggunakan metode penelitian yaitu kuantitatif eksperimen dengan desain pre-eksperimen one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian  sebanyak 14 siswa menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik non parametrik dengan analisis uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS 23 , menunjukkan hasil analisis bahwa nilai signifikasi penelitian yaitu 0,001 atau lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dalam pergaulan teman sebaya antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dikatakan meningkat atau Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga adanya peningkatan efikasi diri pergaulan teman sebaya dengan pemberian bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif.

Kata Kunci: efikasi diri pergaulan teman sebaya, bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 30