PERENCANAAN KARIER BERBASIS SOCIAL COGNITIVE CAREER (SCCT)

Authors

  • Risma Indah Nurfadhilla Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bakhrudin All Habsy Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Karier sebagai urutan jabatan atau pekerjaan utama yang diduduki seseorang sejak remaja sampai pensiun selama rentang kehidupan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa karier merupakan kemajuan individu dalam suatu pekerjaan berdasarkan pilihan yang ia dapatkan selama hidupnya.Tentu ada banyak pilihan karier yang dapat dijalani oleh setiap individu sesuai dengan pilhan karier yang direncanakan individu. Setiap individu perlu mengenal dan memahami diri sendiri dengan bantuan informasi mengenai lingkungan sekolah, menyadarkan lembaga bimbingan terhadap tugasnya untuk membantu individu tersebut mengenal diri sendiri dan mengenal ciri-ciri lingkungan yang nantinya dapat dijadikan sebagai pertimbangan memikirkan perencanaan karier secara matang. Perencanaan karier didefinisikan sebagai serangkaian tahapan ketercapaian tujuan karier peserta didik dengan adanya kejelasan tujuan setelah pendidikannya terselesaikan, cita-cita terhadap pekerjaannya jelas, mampu mengklasifikasikan pekerjaan yang diminati, serta mandiri sekaligus mampu dalam pengambilan keputusan karier dengan melibatkan aspek kognitif yang akan memengaruhi perilaku peserta didik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perencanaan karier dengan berbasis SCCT (Social Cognitive Career Theory). Pada penelitian ini menggunakan model kualitatif deskriptif dengan jenis studi literatur dengan teknik pengumpulan data, yaitu mengidentifikasi dan merangkum temuan dari penelitian terdahulu. Penelutian terdahulu di sini berupa artikel ilmiah yang terindeksi scholar.  Hasil menunjukkan bahwa SCCT (Social Cognitive Career Theory dapat digunakan untuk membantu individu merencanakan kariernya dengan tiga komponen utama, yaitu keyakinan efikasi diri, harapan hasil, dan tujuan.

Kata Kunci: Perencanaan Karier, Social Cognitive Career Theory

                                                                                                                                 

Abstract

Career is a sequence of main positions or jobs that a person occupies from adolescence to retirement over the span of a life. So, it can be said that a career is an individual's progress in a job based on the choices he makes during his life. Of course there are many career choices that each individual can pursue according to the career choices the individual has planned. Every individual needs to know and understand themselves with the help of information about the school environment, making guidance institutions aware of their duties to help the individual know themselves and recognize the characteristics of the environment which can later be used as a consideration to think carefully about career planning. Career planning is defined as a series of stages in achieving students' career goals with clarity of goals after completing their education, clear aspirations for their work, being able to classify the jobs they are interested in, and being independent and able to make career decisions by involving cognitive aspects that will influence student behavior. . Therefore, the aim of this research is to examine career planning based on SCCT (Social Cognitive Career Theory). This research uses a descriptive qualitative model with a type of literature study with data collection techniques, namely identifying and summarizing findings from previous research. Previous research here was in the form of scientific articles indexed by scholar.  The results show that SCCT (Social Cognitive Career Theory can be used to help individuals plan their careers with three main components, namely self-efficacy beliefs, outcome expectations, and goals.

Keywords: Career Planning, Social Cognitive Career Theory

 

Keywords: Career Planning, Social Cognitive Career Theory .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 349 , PDF Downloads: 621