EFEKTIVITAS STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI SMAN 12 SURABAYA

Authors

  • Annisa Elmi Nurhidayati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Indah Pratiwi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Masa remaja menjadi masa perkembangan individu dalam mencapai kematangan mental, emosional, sosial, fisik,
dan pola pikir serta identik dengan proses pencarian identitas diri. Penolakan selama proses pencarian identitas
diri memicu rendahnya kepercayaan diri. Strategi cognitive restructuring merupakan intervensi untuk
meningkatkan kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas strategi cognitive restructuring
dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa mengemukakan pendapat. Jenis penelitian
menggunakan pre-eksperimental desain one group pre-test post-test. Teknik analisis data menggunakan uji
statistik non-parametrik melalui uji wilcoxon. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi cognitive
restructuring dalam konseling kelompok efektif meningkatkan percaya diri siswa untuk mengemukakan pendapat
dibuktikan dari nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0,018 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Saran untuk
penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan monitoring lebih lanjut setelah intervensi diberikan agar
perubahan yang terjadi pada siswa bisa diketahui lebih spesifik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-04

Issue

Section

Articles
Abstract views: 72 , PDF Downloads: 139