PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

Authors

  • Anita Rahma Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan menunda-nunda atau gagal menyelesaikan tugas-tugas akademik tepat waktu, meskipun mengetahui hal tersebut akan berdampak buruk bagi hasil akademiknya. Tujuan penelitian ini untuk menguji konseling kelompok teknik self management ini untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Penerapan teknik self management ini meliputi tiga prosedur yaitu self monitoring, stimulus control dan self reward Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket perilaku prokrastinasi akademik. Dari hasil uji validitas terdapat 2 item yang gugur karena r hitung lebih kecil daripada r tabel (0.349). Hasil uji reliabilitas angket yaitu 0.922. Dimana 0.922> 0.700 angket perilaku prokrastinasi akademik dinyatakan reliabel. Jenis penelitian yang digunakan pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-11 SMA Negeri 1 Driyorejo yang teridentifikasi perilaku prokrastinasi akademik dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat penurunan peirlaku prokrastinasi akademik dari kategori tinggi ke kategori sedang. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan uji Willcoxon yang memperoleh signifikansi sebesar 0,043, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang artinya bahawa hipotesis penelitian diterima Dari hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan tujuan penelitian ini.

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Management, Prokrastinasi Akademik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-08

Issue

Section

Articles
Abstract views: 125 , PDF Downloads: 186