Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Sekolah Peserta Didik

Authors

  • regita cahyani Universita Negeri Surabaya
  • Najlatun Naqiyah Universita Negeri Surabaya

Abstract

Membolos merupakan suatu bentuk kenakalan yang dilakukan pada remaja, dimana siswa tidak mau masuk kelas untuk mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tujuan, prosedur, dan strategi self management untuk mengurangi membolos sekolah. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Sepuluh artikel digunakan sebagai data penelitian primer, dan strategi penelitiannya adalah tinjauan pustaka. Standar pemilihan artikel adalah memenuhi dua faktor, diarahkan dalam dekade terakhir. Pengumpulan data menggunakan artikel, analisis data menggunakan metode analisis isi kemudian instrumen penelitian menggunakan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Sasarannya adalah peserta didik yang mengikuti konseling teknik manejemen diri ditingkat sekolah menengah yang menunjukkan kebiasaan membolos; (2) Teknik eksekusi dalam penelitian ini sebagian besar mencakup observasi diri, umpan balik yang mendorong, kontrak diri, ketenangan, dan tindak lanjut; dan (3) Pelaksanaan strategi manejemen diri yang efektif untuk mengurangi membolos sekolah. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menguji efektivitas strategi manajemen diri dalam mengatasi membolos siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 150 , PDF Downloads: 302