PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH KELAS XI PEMASARAN 3 SMK N 4 SURABAYA

  • DIANA RIMA ROSIKHA

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukanya masalah pada siswa di SMK N 4 Surabaya yang berkaitan dengan disiplin siswa di sekolah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa konseling kelompok dengan strategi behavior dapat meningkatkan disiplin siswa di sekolah SMK N 4 Surabaya.Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test dan post-test one group design.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur hasil dari perlakuan penerapan konseling kelompok dengan strategi behavior.Subyek penelitian ini adalah 7 siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK N 4 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis statistik non parametrik dengan uji tanda maka dapat diketahui N = 7 dan X = 0. Tabel harga X dalam tabel binominal menunjukn bahwa  N = 7 diperolehρ = 0.008. Harga ini lebih kecil dari pada α dan berada pada daerah penolakan untuk α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa hipotesis statistik yang berbunyi konseling kelompok dengan strategi behavior  dapat meningkatkan disiplin siswa di sekolah SMK N 4 Surabaya. Hasil analisis uji tanda “penerapan konseling kelompok dengan strategi behavior dapat meningkatkan disiplin siswa di sekolah SMK N 4 Surabaya” dapat diterima.Jadi penerapan konseling kelompok dengan strategi behavior untuk meningkatkan disiplin siswa di sekolah SMK N 4 Surabaya.

Kata kunci : Konseling Kelompok, Strategi Behavior, Disiplin Siswa di Sekolah

Published
2013-12-18
Section
Articles