PENGEMBANGAN MATERI LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT MELALUI MEDIA BLOG DI SMA NEGERI 4 BOJONEGORO

  • NOFA DWI HANDONO

Abstract

ABSTRAK

 

Berdasarkan wawancara dengan guru BK di SMA Negeri 4 Bojonegoro, ditemukan bahwa masalah yang dialami kelas XII adalah kurang memahami tentang informasi perguruan tinggi. Terlebih lagi, informasi perguruan tinggi yang didapat hanya dari kakak kelas yang sudah kuliah. Hal ini dianggap serius karena akan mengganggu perencanaan studi lanjut. Maka dari itu, dibutuhkan suatu media yang dapat digunakan sebagai pemberi informasi yang berisikan informasi studi lanjut. Penelitian ini menggunakan blog sebagai media.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk yang berisikan materi berupa informasi studi lanjut melalui sebuah media blog yang dapat digunakan sebagai alat pemberian informasi berdasarkan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg&Gall (1983) yang telah diadaptasi.

Hasil uji coba produk dari segi materi mencapai 75% dikategorikan baik, segi media mencapai 83.3% dikategorikan baik sekali, sudut pandang praktisi mencapai 80% dikategorikan baik sekali, dan uji lapangan mencapai 91.7% dikategorikan baik sekali. Sehingga, produk yang berisikan materi berupa informasi studi lanjut melalui sebuah media bloglayakdigunakan sebagai alat pemberian informasi.

 

 

Kata kunci :blog, informasi studi lanjut

Published
2013-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 36