PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL PODCAST REGULASI EMOSI BERBASIS SPOTIFY UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMA

Authors

  • Shanty Pudji Wahyuni Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Elisabeth Christiana Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Regulasi emosi adalah proses yang dapat mengubah perilaku dan pengalaman seseorang. Hasil asessmen melalui Angket Kebutuhan Siswa (AKPD) 88% atau 97 siswa dari 111 responden, dengan prioritas kebutuhan tertinggi adalah kurang pemahaman tentang cara meregulasi emosi dengan baik. Hasil pengamatan yang dilakukan selama 2 minggu dari tanggal 18-30 September 2023 di kelas XI, terjadi pertengkaran, memukul dan memarahi temannya, mengacungi jari tengah ke temannya, dan berbicara kotor. Hasil wawancara pada Selasa, 3 Oktober 2023 terhadap 2 guru BK menyebutkan belum memiliki media yang menarik untuk siswa dan menggunakan metode ceramah.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa panduan layanan bimbingan klasikal podcast regulasi emosi berbasis Spotify yang memenuhi kriteria aksebilitas dari para ahli, yang terdiri dari kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Panduan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang regulasi emosi yang menarik, memfasilitasi siswa untuk meningkatkan regulasi emosi melalui konten audio atau podcast yang dapat diakses secara fleksibel. Peneliti menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Borg dan Gall (1983). Penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap kelima yaitu revisi hasil uji coba lapangan awal.

Berdasarkan uji validasi oleh ahli materi diperoleh prosentase 97.5% atau kategori sangat baik, uji validasi oleh ahli media diperoleh prosentasi 92.5% atau kategori sangat baik, dan uji validasi oleh calon pengguna guru BK diperoleh hasil prosentase 96.25% atau kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panduan layanan bimbingan klasikal podcast regulasi emosi berbasis Spotify untuk meningkatkan regulasi emosi peserta didik pada siswa SMA memben telah memenuhi kriteria aksebilitas.

Kata Kunci: Regulasi Emosi, Pengembangan, Panduan, Bimbingan Klasikal, Podcast.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 90