KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF GUNA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA SMA

Authors

  • Nevythalia Maheswari Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Nursalim Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Percaya diri ialah suatu keyakinan yang dimiliki setiap perseorangan atau individu dalam menerima diri secara apa adanya baik dan buruk dalam menghadapi segala tantangan hidup yang telah dibentuk melalui proses pengajaran dan pengalaman yang memiliki tujuan untuk kebahagiaan dan keberhasilan. Siswa yang terindikasi percaya diri rendah cenderung menutup diri di khalayak ramai. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan desain kuantitatif dengan pre experimental one group pretest-posttest. Subjek yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 6 siswa kelas XI SMA yang mempunyai percaya diri rendah. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik non-parametriks yaitu menggunakan   uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwasanya kelompok eksperimen memiliki peningkatan percaya diri setelah menerima perlakuan konseling cognitive behavior dengan teknik restrukturisasi kognitif. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan hasil nilai Asymp. Sig. sebesar 0,028 < 0,05. Dapat diambil kesimpulan bahwa konseling CBT dengan teknik restructurisasi kognitif dapat meningkatkan percaya diri peserta didik SMA.

Kata Kunci: Percaya Diri, Konseling Cognitive Behavior, Teknik Cognitive Restructuring.

                                                                                                       

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-15

Issue

Section

Articles
Abstract views: 184 , PDF Downloads: 200