Aspek Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini Dengan Sistem Fullday School Di TK Mutiara Anak Sholeh Sidoarjo

Authors

  • Muhammad Raditya Rahmannnanda Bimbingan dan Konseling, Universitas negeri surabaya
  • Mochamad Nursalim Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Sekolah sehari penuh adalah sebuah sistem pendidikan yang di dalamnya terdapat sebuah kegiatan pembelajaran dengan kurun waktu seharian penuh secara intensif. Dan perkembangan sosial adalah kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Pola perilaku sosial pada anak usia dini meliputi: Meniru, Persaingan, Kerja sama, Empati, Dukungan sosial bersama, Berbagi, Perilaku akrab. menggunakan metode observasi, wawancara. dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan uji keabsahan triangulasi sumber dan orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perkembangan sosial anak dengan sistem fullday school dipengaruhi oleh penerapan intervensi kelompok sosial di TK Mutiara Anak Soleh Sidoarjo. Aspek perkembangan sosial anak usia dini sangat perlu diperhatikan guna memaksimalkan potensi atau kelebihan yang ada dalam diri anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-15

Issue

Section

Articles
Abstract views: 68 , PDF Downloads: 103