PERAN MAKNA HIDUP DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SANTRI SMP PONDOK PESANTREN INSAN KAMIL SIDOARJO

Authors

  • Afidah ilma Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Khusumadewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran makna hidup terhadap kesejahteraan psikologis santri SMP Pondok Pesanren Insan Kamil Sidoarjo. Penelitian ini yaitu penelitian ex-post facto menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode nonparametrik. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMP di Pondok Pesantren Insan Kamil Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 76 siswa yang terdiri dari kelas VII berjumlah 22, kelas VIII berjumlah 27, kelas IX berjumlah 27. Alat ukur yang digunakan terdiri dari dua skala yaitu skala makna hidup dan skala kesejahteraan psikologis. Teknik analisis data pada penelitian  ini adalah menggunakan teknik regresi logistik ordinal. Hasil Penelitian menunjukkan perolehan nilai p-value sebesar 0,000, maka keputusan yang dapat diambil adalah adanya peran penting makna hidup dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis santri SMP Pondok Pesanren Insan Kamil Sidoarjo. Besarnya kontribusi makna hidup dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis santri SMP Pondok Pesanren Insan Kamil Sidoarjo adalah sebesar 43,6%.

Kata kunci: Makna hidup, Kesejahteraan psikologis

Abstract

This study aims to find out the role of the meaning of life on the psychological well-being of students of Pondok Pesanren Insan Kamil Sidoarjo. This research includes ex-post facto research  using a quantitative approach with a nonparametric method. The population in this study is junior high school students at the Insan Kamil Islamic Boarding School, Sidoarjo Regency. The sampling technique in this study uses the total sampling technique. The sample in this study amounted to 76 students consisting of 22 in class VII, 27 in class VIII, and 27 in class IX. The measuring tool used consists of two scales, namely the life meaning scale and the psychological well-being scale. The data analysis technique used in this study is using ordinal logistic regression techniques. The results of the study showed that the p-value was obtained of 0.000, so the decision that can be taken has an important role in improving the psychological well-being of students of Pondok Pesanren Insan Kamil Sidoarjo Junior High School. The contribution of the meaning of life in improving the psychological well-being of students of Pondok Pesanren Insan Kamil Sidoarjo is 43.6%.

Keywords: Meaning of life, Psychological well-being

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 161 , PDF Downloads: 258