PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA BARUNAWATI SURABAYA

Authors

  • Sadewo Ary Isworo Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Elisabeth Christiana Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perilaku bullying menjadi masalah umum yang berkepanjangan karena memberikan dampak buruk kepada siswa seperti ketakutan hingga depresi sehingga memunculkan masalah serius yang mengganggu proses pendidikan jika terabaikan. Untuk menyelesaikan masalah bullying sebaiknya perlu mengidentifikasi faktorĀ  yang dapat mempengaruhi ataupun menyebabkan bullying contohnya faktor teman sebaya yang diduga menjadi alasan siswa melakukan bullying karena mampu menjadi penghasut bahkan pelaku. Faktor lain yang diduga menjadi penguat bullying adalah dukungan sosial karena tidak adanya dukungan sosial positf seperti empati dan perhatian dapat membuat siswa menjadi agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh teman sebaya dan dukungan sosial terhadap perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain expost facto dan dibantu instrument berupa angket yang disebarkan kepada siswa SMA Barunawati Surabaya. Angket terbagi menjadi tiga diantaranya angket teman sebaya dengan nilai R (0,871), angket dukungan sosial dengan nilai R (0,787), dan angket bullying dengan nilai R (0,869). Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara teman sebaya dan dukungan sosial terhadap perilaku bullying yang dibuktikan dengan nilai (sig.) uji T teman sebaya sebesar 0,005 > 0,05, dukungan sosial sebesar 0,24 > 0,05, dan hasil (sig.) uji F sebesar 0,009 > 0,05 sehingga dapat dijelaskan bahwa teman sebaya yang berperilaku negatif akan meningkatkan bullying, sedangkan dukungan sosial positif dapat mengurangi bullying. Temuan ini dapat digunakan guru bk untuk merancang layanan sebagai intervensi mengenai pentingnya dukungan sosial antar siswa dan hubungan teman sebaya dalam mengurangi perilaku bullying. selain itu penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor pengaruh lain ataupun pengembangan intervensi untuk mengentaskan bahkan mencegah bullying.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 140 , PDF Downloads: 227