IDENTIFIKASI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA PEMILIHAN MATA PELAJARAN PILIHAN DI SMAN 1 MENGANTI
Abstract
Mata pelajaran pilihan merupakan kesempatan yang diberikan dimana siswa memilih dengan mempertimbangkan kemampuan dan bakat minat yang dimiliki. Penelitian dilakukan karena banyaknya siswa yang belum mampu memilih mata pelajaran pilihan menyesuaikan bakat dan minatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi berprestasi siswa pada pemilihan mata pelajaran pilihan dan strategi Guru BK dalam meningkatkan motivasi berprestasi pada pemilihan mata pelajaran pilihan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menunjukkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemilihan mata pelajaran pilihan ditemukan motivasi berprestasi siswa dimana ditunjukkan dengan keinginan siswa memilih terlibat langsung dalam identifikasi minat dan bakat serta usaha siswa yang dikerahkan untuk memilih mata pelajaran pilihan yang sesuai dengan kemampuan dan bakat minatnya
Kata kunci : motivasi berprestasi, mata pelajaran pilihan, guru bimbingan dan konseling.
Downloads

