PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE INFORMASI PEMINATAN DAN STUDI LANJUT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BAGI PESERTA DIDIK SMPN 2 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini mengambil fokus masalah dan kebutuhan peserta didik terhadap informasi peminatan dan studi lanjut melalui media bimbingan klasikal yang praktis dan menarik sesuai dengan perkembangan peserta didik. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk berupa media website informasi peminatan dan studi lanjut layanan bimbingan klasikal yang memenuhi kriteria akseptabilitas dari para ahli yang terdiri dari aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Peneliti menggunakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan adaptasi model Borg & Gall (1983) yang dilaksanakan hanya sampai tahap kelima yaitu revisi produk utama. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan uji validasi produk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dari hasil penskoran dan saran ahli. Subjek penelitian terdiri dari 3, yaitu 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 calon pengguna. Hasil uji validasi pada aspek kegunaan termasuk kategori sangat baik dan tidak revisi dengan persentase sebesar 94%, aspek kelayakan termasuk kategori sangat baik dan tidak revisi dengan persentase 87%, aspek ketepatan termasuk kategori sangat baik dan tidak revisi dengan persentase sebesar 84%, dan aspek kepatutan termasuk kategori sangat baik dan tidak revisi dengan persentase sebesar 98%. Dengan demikian, media website informasi peminatan dan studi lanjut layanan bimbingan klasikal telah memenuhi seluruh aspek kriteria akseptabilitas.
Kata Kunci: Pengembangan, Website, Peminatan, Studi Lanjut
Downloads

