PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL WEBSITE BK-CERITA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 8 SMPN 2 PORONG
Abstract
Prestasi belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, karena mencerminkan tingkat pencapaian peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Di SMPN 2 Porong, ditemukan bahwa peserta didik kelas 8 menghadapi berbagai hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar mereka. Beberapa masalah yang diidentifikasi meliputi kurangnya motivasi, kesulitan dalam menyusun metode belajar yang efektif, serta tantangan dalam memanfaatkan informasi yang tersedia secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media layanan bimbingan klasikal berbasis website BK-CERITA dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas 8 SMPN 2 Porong. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan lima tahapan utama: pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba produk, dan revisi produk. Pengujian dilakukan melibatkan ahli materi, ahli media, dan calon pengguna, yang menghasilkan validitas yang sangat baik dengan skor total validitas ahli materi 96,66%, ahli media 93,33%, dan calon pengguna 91,66%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media BK-CERITA memenuhi kriteria akseptabilitas dalam aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Kesimpulannya, media BK-CERITA dapat digunakan sebagai media layanan informasi untuk meningkatkan prestasi belajar pada peserta didik kelas 8 SMPN 8 Porong.
Downloads

