PENGEMBANGAN PANDUAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS RENDAH
Abstract
Motivasi belajar yang rendah pada peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar mereka. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Sidoarjo dan wawancara dengan guru BK di sekolah tersebut, ditemukan masalah terkait motivasi belajar yang rendah. Guru BK menyatakan bahwa penanganan motivasi belajar yang telah dilakukan kurang efektif. Untuk mengatasi masalah ini, buku panduan dianggap sebagai solusi yang sesuai untuk membantu guru BK. Buku panduan tersebut menjelaskan materi dan tahapan-tahapan Motivational Interviewing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku panduan Motivational Interviewing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas, menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap penelitian, namun penelitian ini hanya mencapai tahap kelima, yaitu revisi produk. Hasil validasi dari uji ahli materi menunjukkan 90%. Dengan demikian, pengembangan panduan Motivational Interviewing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas bagi guru BK memenuhi kriteria akseptabilitas.
Downloads

