Pengembangan Panduan Motivational Interviewing untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Korban Bullying

Authors

  • Riska Dwi Kurnia Sari Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan panduan konseling motivational interviewing yang digunakan untuk membantu guru bimbingan konseling mengembangkan kompetensi yang dimiliki dalam menangani rendahnya motivasi berprestasi peserta didik yang menjadi korban bullying. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang sesuai dengan Research and Develpoment (R&D). Terdapat sepuluh tahapan dalam penelitian Research and Develpoment (R&D) yang telah disampaikan oleh Brog & Gall, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap lima dikarenakan adanya keterbatasan waktu dan biaya. Lima tahapan itu diantaranya : 1. Pengumpulan informasi berupa kajian kepustakaan dan survei lapangan; 2. Melakukan perencanaan; 3. Mengembangkan bentuk awal produk; 4. Uji coba awal; 5. Revisi produk. Berdasarkan hasil validasi ahli yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa buku panduan motivational interviewing untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik korban bullying memenuhi kritreria baik untuk memperoleh alternatif keputusan dipakai.

Kata Kunci: Panduan, motivational interviewing, motivasi berprestasi korban bullying

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 32