PENERAPAN LAYANAN RESOLUSI KONFLIK UNTUK MENANGANI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA KELAS X-8 SMA NEGERI 1 MENGANTI GRESIK

  • IDA SAFITRI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adaah untuk menguji penerapan layanan resolusi konflik untuk menangani konflik interpersonal siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Menganti Gresik.

Jenis peneitian ini adalah Pre-eksperimental dengan jenis One-group pre-test dan post-test design. Subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Menganti Gresik yang memiliki konflik interpersonal siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui cara menangani konflik interpersonal.jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dari sangat sesuai, sesuai, kurang sesuai, dan tidak sesuai. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan, Dengan melihat tabel tes binominal dengan ketentuan N = 6 dan r = 0, maka diperoleh rtabel = 0,016. Bila dalam ketetapan α (taraf  kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,016 < 0,05. Hal ini berarti, ada perbedaan yang signifikan pada skor cara menangani konflik interpersonal siswa antara sebelum dan sesudah penerapan layanan resolusi konflik.

Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini  dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan resolusi konflik dapat digunakan untuk menangani konflik interpersonal siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Menganti Gresik.

 

Kata kunci: Resolusi konflik, konflik interpersonal siswa

Published
2014-01-06
Section
Articles