PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TANTANGAN DAN KEJUJURAN (KTK) UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMKN 1 DRIYOREJO
Abstract
Penelitian pengembangan media bimbingan dan konseling berupa Kartu Tantangan dan Kejujuran (KTK) ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa sekolah menengah kejuruan yang mengalami krisis kepercayaan diri atau memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Tingkat kepercayaan diri yang rendah dapat membuat siswa kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan sehingga mereka kurang mampu untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Hasil Analisis Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) di SMKN 1 Driyorejo menunjukkan bahwa permasalahan tentang kepercayaan diri yang dialami oleh siswa berada pada kategori tinggi sehingga membutuhkan penanganan dari guru bimbingan dan konseling. Hasil wawancara yang dilakukan kepada siswa dan guru bimbingan dan konseling juga menunjukkan bahwa siswa merasa kurang memiliki kepercayaan diri terutama jika diminta untuk menyampaikan pendapat di hadapan teman-temannya. Kelebihan dari media kartu tantangan dan kejujuran ini adalah media permainan yang prosedur pelaksanaannya mudah, dapat mengarahkan siswa untuk berpartisipasi aktif, serta cocok diterapkan untuk kelompok besar ataupun kecil. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala psikologis yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan bantuan SPSS Versi 26 hingga mendapatkan hasil dari Uji Wilcoxon yang menunjukkan perubahan nilai hasil pre-test dan post-test siswa yang berjumlah 8 berupa peningkatan nilai kepercayaan diri setelah melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan media kartu tantangan dan kejujuan (KTK), sehingga dapat disimpulkan bahwa kartu tant
Kata kunci: Kartu Tantangan dan Kejujuran (KTK), Kepercayaan Diri, Pengembangan Media Layanan Bimbingan dan Konseling Tantangan dan kejujuran memenuhi kriteria akseptabilitas sebagai media pembelajaran untuk melatih kepercayaan diri siswa.
Downloads

