PENERAPAN STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINANA WORSHIP PAGI DI SEKOLAH BERASRAMA

  • ELITA KRISTINAWATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui keefektifan penerapan strategi self management untuk meningkatkan kedisiplinan worship pagi di sekolah berasrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimenttal designe dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah siswi SMA Advent Purwodadi dengan jumlah 7 siswi yang memiliki kedisiplinan worship pagi rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tetntang siswi yang memiliki kedisiplinan worship pagi rendah yakni dengan menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 7. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 7, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat table tes binomial dengan ketentuan N = 7 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,008. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,008 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan strategi self management dapat meningkatkan kedisiplinan worship pagi di sekolah berasrama.

 

Kata Kunci: self management, Kedisiplinan

Published
2014-01-07
Section
Articles