LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SANTRIWATI PONDOK PESANTREN
Abstract
Abstrak
Setiap individu berhak mendapatkan pendidikan, termasuk di lembaga-lembaga pendidikan yang mengutamakan nilai-nilai keagamaan Islam seperti Pondok Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara meningkatkan penerimaan diri santriwati melalui teknik role-playing dalam bimbingan kelompok. Dilakukan karena beberapa santriwati mengalami kesulitan dalam memahami penerimaan diri mereka. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan studi literatur, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan merangkum temuan dari artikel ilmiah yang terdaftar di indeks scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan diri santriwati dapat ditingkatkan dengan bimbingan kelompok.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Role playing, Penerimaan Diri.
Downloads

